FAQ: Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia?

Faktor apa yang mempengaruhi persebaran fauna di Indonesia?

Baca juga: Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Daerah tropis merupakan wilayah yang optimal bagi kelangsungan hidup flora dan fauna. Faktor iklim yang berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna antara lain suhu, kelembapan udara, angin, dan tingkat curah hujan.

Jelaskan apa yang mempengaruhi adanya persebaran flora di Indonesia?

Faktor iklim menjadi faktor dominan yang mempengaruhi pola persebaran flora di Indonesia. Contohnya flora di kawasan kutub mempunyai tingkat ketahanan tinggi terhadap perbedaan suhu yang ekstrem, berbeda dengan jenis flora di kawasan tropis.

Faktor apa saja yang mempengaruhi persebaran fauna tersebut?

Jelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi persebaran fauna di Indonesia‚Äč

  • Faktor klimatik. Faktor klimatik adalah kondisi iklim alam tempat dimana flora dan fauna tumbuh.
  • Faktor Edafik. Faktor edafik adalah faktor tanah yang ditempati oleh hewan dan tumbuhan.
  • Faktor Fisiografi / Topografi.
  • Faktor Biotik.

Bagaimana pembagian persebaran fauna di Indonesia?

Persebaran fauna di Indonesia dikelompokkan atas tiga wilayah, yaitu fauna Indonesia bagian barat, fauna Indonesia bagian tengah, dan fauna Indonesia bagian timur. Persebaran fauna di Indonesia memiliki batas persebaran yang tidak setegas batas persebaran flora di Indonesia.

You might be interested:  Quick Answer: Di Indonesia Yang Dimaksud Dengan Norma Dasar Negara Adalah?

Adakah faktor lain yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna?

Beberapa faktor yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna di permukaan bumi, yaitu: iklim (Klimatik), edafik (tanah), fisiografi (relief), dan manusia. Iklim merupakan salahsatu faktor dominan yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna.

Bagaimana iklim bisa berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna?

Iklim merupakan faktor utama yang berpengaruh besar terhadap persebaran flora dan fauna. Wilayah dengan iklim ekstrem seperti kutub yang selalu tertutup salju maupun wilayah gurun dengan suhu udara tinggi dan curah hujan yang rendah menyebabkan flora dan fauna dapat bertahan hidup.

Mengapa suhu sangat mempengaruhi persebaran flora?

Suhu suatu tempat mempengaruhi pertumbuhan dan persebaran flora dan fauna di dunia. Suhu dipengaruhi oleh pancaran sinar matahari. Hewan dan tumbuhan akan beradaptasi sesuai suhu dimana ia tinggal. Fauna yang hidup di suhu dingin memiliki bulu yang lebih tebal daripada fauna yang hidup di suhu panas.

Faktor fisik apa sajakah yang dapat mempengaruhi persebaran flora di dunia?

Oleh karena itu, berikut faktor – faktor fisik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di bumi:

  • Faktor Iklim. Faktor – faktor iklim yang berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna yaitu suhu, kelembaban udara, angin, dan curah hujan.
  • Faktor tanah.
  • Faktor topografi.
  • Faktor Biotik (manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan)

Faktor apa saja yang mempengaruhi iklim di Bumi?

Faktor iklim yang mempengaruhi kenyamanan manusia adalah suhu, radiasi sinar matahari, angin, kelembapan, suara dan aroma. Sebagai pengontrol radiasi sinar matahari dan suhu, vegetasi menyerap panas dari pancaran sinar matahari sehingga menurunkan suhu.

Apa yang menjadi faktor penghambat terhadap persebaran fauna di dunia sehingga terdapat perbedaan fauna di setiap zona?

faktor yang menghambat persebaran flora dan fauna: 1.) iklim meliputi kondisi temperatur, kelembaban udara dan curah hujan. 2.) Edafik (tanah) yaitu tingkat kesuburan tanah dan unsur-unsur yang terkandung didalamnya. 3.) Geografis meliputi samudera, padang pasir, sungai dan pegunungan.

You might be interested:  Readers ask: Profesi Yang Menjanjikan Di Indonesia?

Bagaimana pembagian keanekaragaman hayati di Indonesia?

Persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia sangat berkaitan erat dengan letak geografis Indonesia. Persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok atau zona yang berbeda yaitu terdiri atas: Zona orientalis/kawasan barat (Benua Asia) Zona australis/ kawasan timur (Benua Australia)

Bagaimana persebaran flora dan fauna di Indonesia brainly?

Jawaban: Flora dan fauna di Indonesia dikelompokan menjadi tiga daerah, yaitu daerah asia (asiatis), daerah peralihan dan daerah yang mendapatkan pengaaruh dari Australia (australis) antara Asiatis dengan peralihan dibatasi garis Wallace, sedangkan antara peralihan dengan australis dipisahkan dengan garis Webber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *