FAQ: Komodo Adalah Salah Satu Hewan Khas Indonesia Yang Berasal Dari Kepulauan?

Pulau Komodo berada di mana?

Balai Taman Nasional Komodo berada di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman nasional Komodo memiliki tiga pulau besar; Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Bagaimana keberadaan di alam komodo?

Komodo liar hanya terdapat dan hanya bisa ditemukan di Indonesia di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Komodo, Rinca dan beberapa pulau kecil di sekitarnya serta di pesisir barat pulau Flores. Habitat komodo adalah padang rumput terbuka (sabana) dan hutan belukar, terkadang juga di pesisir pantai.

Mengapa komodo hanya terdapat di Kepulauan komodo dan sekitarnya?

Menurut penelitian, alasan mengapa Komodo hanya ada di Indonesia karena memang mereka ‘malas’ Hal ini didukung dengan penemuan sekelompok ahli yang mengamati komodo di empat pulau di Indonesia selama satu dekade. Mereka mengungkapkan komodo tidak pernah meninggalkan tanah kelahirannya sepanjang hidup mereka.

Mengapa hewan tersebut hanya dapat ditemukan di Indonesia terutama di Pulau Komodo Provinsi NTT?

Jadi pada dasarnya, alasan mengapa komodo hanya ada di Indonesia karena mereka sendiri yang memilih untuk tinggal di pulau – pulau Sunda Kecil. Komodo punya kemampuan untuk bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain, tapi mereka sudah terlanjur nyaman dan betah di rumah tempat mereka dilahirkan.

You might be interested:  Alasan Banyak Pihak Yang Tetap Ingin Mempertahankan Pancasila Sebagai Dasar Negara Indonesia?

Apakah Pulau Komodo Masuk 7 Keajaiban Dunia?

Pulau Komodo terpilih sebagai salah-satu tujuh keajaiban dunia versi organisasi New 7 Wonders. Pulau Komodo akhirnya terpilih sebagai salah-satu tujuh keajaiban dunia versi organisasi New7Wonders.

Labuan Bajo ada di mana?

Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari 9 desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo berada di ujung paling barat pulau Flores.

Bagaimanakah tingkat keberadaan populasi komodo?

Benu mengatakan, pada tahun 2014, komodo berjumlah 3.093 ekor, kemudian tahun 2015 sebanyak 3.012 ekor. Pada tahun 2016, jumlahnya turun menjadi 2.430 ekor dan tahun 2017 naik kembali menjadi 2.884 ekor dan tahun 2018 sebanyak 2.897 ekor.

Apa yang dimaksud kasta dalam kelangsungan hidup komodo?

Kasta Komodo Menurut Kepala Balai TNK, Sudiyono, keberlangsungan hidup satwa komodo berdasarkan kasta. Artinya yang berukuran besar atau dewasa menguasai yang komodo yang masih kecil. Dengan begitu, tidak ada pos anggaran yang disiapkan untuk pengadaan sumber bahan makanan bagi komodo itu sendiri.

Apa penyebab komodo Menjadi langka?

” Komodo di Pulau Padar punah total. Tidak ada lagi kotoran komodo yang ditemukan di sana. Tetapi kuat dugaan perburuan liar rusa dan babi serta perubahan lingkungan akibat pembakaran liar menjadi penyebab punahnya komodo “.

Apakah benar komodo hanya ada di Indonesia?

Seperti yang diketahui, spesies kadal komodo ini merupakan satwa asli Indonesia dan hanya ada di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motong, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Mengapa komodo termasuk dalam 3 hewan?

Karena, komodo termasuk hewan langka dan merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo.

You might be interested:  Perang Yang Terjadi Di Indonesia?

Apakah komodo bermigrasi?

Lalu mereka bermigrasi ke daerah Flores sekitar 900.000 tahun lalu. Migrasi ini terjadi diperkirakan karena iklim yang terlalu ekstrem perubahannya bagi Komodo. Migrasi yang tidak terlihat mudah ini juga terbukti dari ditemukannya fosil komodo di pulau Timor.

Apakah Pulau Komodo di NTT?

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara, berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo.

Kenapa ada hewan endemik?

Faktor fisik, lingkungan geografis, iklim, dan biologis adalah penyebab suatu jenis satwa mengalami endemisme, sebagai contoh adalah komodo, komodo menjadi endemik karena isolasi geografi yang dialaminya dan tantangan ruang hidupnya di Pulau Komodo menyebabkan ia menjadi berbentuk khas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *