Indonesia Disebut Juga Nusantara Yang Artinya?

Indonesia disebut juga Nusantara Apakah yang dimaksud dengan Nusantara itu?

Nusantara, yang berarti “pulau lain” (di luar Jawa) adalah daerah di luar pengaruh budaya Jawa tetapi masih diklaim sebagai daerah taklukan: para penguasanya harus membayar upeti.

Apa yang dimaksud dengan istilah Nusantara?

Nusantara merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera hingga Papua, yang sekarang beberapa akbar merupakan wilayah negara Indonesia.

Indonesia disebut juga Nusantara Apakah yang dimaksud dengan Nusantara itu brainly?

Penjelasan: Nusantara adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatra sampai Papua, yang sekarang sebagian besar merupakan wilayah negara Indonesia. Pengertian ini sampai sekarang dipakai di Indonesia.

Siapa pemberi nama Nusantara?

Pada tahun 1920-an, Ki Hajar Dewantara memperkenalkan nama ” Nusantara ” kepada menyebut wilayah Hindia Belanda.

Siapakah yang dimaksud Nusantara di atas?

Nusantara merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan wilayah kepulauan yang membentang dari Sumatera sampai Papua, yang sekarang sebagian besar merupakan wilayah negara Indonesia.

Mengapa Indonesia digambarkan dengan sebutan Nusantara?

Kata Nusantara berasal dari bahasa Sansekerta yang merupakan gabungan dari dua kata, nusa dan antara. Nusa sama artinya dengan ‘pulau’ dan antara artinya ‘luar’. Nah, dulunya sebutan Nusantara itu memang digunakan untuk menyebut pulau-pulau di luar Majapahit.

You might be interested:  Question: Organisasi Yang Dianggap Sebagai Pelopor Berdirinya Organisasi Pergerakan Di Indonesia Adalah?

Dari mana asal kata Nusantara?

Nusantara terdiri dari kata nusa yang artinya pulau, yakni pulau-pulau, dan antara yang berarti lain atau seberang. Setelah Majapahit bubar, istilah Nusantara terlupakan.

Dari mana asal nama Indonesia?

Menurut para sejarawan, istilah Indonesia baru muncul pada abad ke-19. Nama yang berasal dari kata “Indus” (Hindia) dan “nesia” (kepulauan) ini merupakan gagasan pengacara Inggris James Richardson Logan dan koleganya yang ahli geografi, George Windsor Earl.

Apa nama negara Indonesia sebelum merdeka?

Hindia. Sebelum nama Indonesia muncul, dulu Indonesia bernama Hindia. Nama Hindia diberikan oleh orang-orang Eropa yang datang ke Indonesia. Nama Hindia diberikan oleh penjelajah asal Portugis bernama Vasco da Gama pada abad ke 15 yang menemukan kepulauan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *