Indonesia Menganut Sistem Hukum Apa?

Mengapa Indonesia menganut sistem hukum Civil Law?

Sistem hukum di Indonesia menganut sistem hukum Eropa Kontinental atau Civil Law. Karena berupa peraturan yang berbentuk undang-undang yang tersusun secara sistematis dalam kodifikasi. Tujuan hukum adalah kepastian hukum. Adagium yang terkenal “tidak ada hukum selain undang-undang”.

Apa perbedaan Civil Law dan Common Law?

Sistem hukum Common Law mendasarkan pada putusan pengadilan sebagai sumber hukumnya. Sedangkan, sistem hukum Civil Law (Eropa Kontinental) yang berlaku di negara-negara Eropa daratan dan negara-negara jajahannya, termasuk Indonesia, berpegang kepada kodifikasi undang-undang menjadi sumber hukum utamanya.

Apa itu sistem hukum Eropa Kontinental?

Sistem hukum eropa kontinental merupakan suatu sistem hukum dengan ciri-ciri adanya berbagai ketentuan-ketentuan hukum dikodifikasi (dihimpun) secara sistematis yang akan ditafsirkan lebih lanjut oleh hakim dalam penerapannya.

Sumber hukum apa yang paling dominan penting di Indonesia yang mengikuti sistem hukum Eropa Kontinental Civil Law system?

Sumber hukum yang dominan di Indonesia yaitu Undang-Undang. Undang-Undang bersifat mengikat kepada penduduk suatu daerah tertentu. Undang-Undang merupakan keputusan tertulis sebagai hasil kerjasama antara pemegang kekuasaan eksekutif dan legislatif yang berisi aturan tingkah laku yang mengikat secara umum.

You might be interested:  Often asked: Pekerjaan Yang Dibutuhkan Di Indonesia?

Mengapa yurisprudensi dijadikan sebagai salah satu sumber hukum di Indonesia padahal Indonesia menganut sistem hukum Civil Law?

Sebagai sumber hukum, yurisprudensi mempunyai arti dan kedudukan yang penting, karena dapat dijadikan sumber atau acuan dalam: Mengambil putusan terhadap masalah yang sama oleh Hakim lainnya terhadap hal-hal yang belum diatur atau belum ditemukan hukumnya; 3. Mengembangkan ilmu hukum melalui putusan-putusan Peradilan.

Apakah sistem hukum Civil Law Masih Relevan di Indonesia?

Mendikotomi Civil Law sebagai Sistem Hukum di Indonesia: Masih Relevankah? Sistem hukum Common Law yang berdasarkan pada putusan pengadilan sebagai sumber hukum utamanya dan sistem hukum Civil Law (Eropa Kontinental) yang berpegang kepada kodifikasi undang-undang sebagai sumber hukum utamanya masih relevan.

Apakah common law berlaku di Indonesia?

Indonesia menganut sistem hukum Civil Law dan Amerika menganut sistem hukum Common Law.

Jelaskan apa perbedaan antara negara penganut hukum Anglo Saxon dan hukum kontinental?

Perbedaan utama dari kedua sistem hukum tersebut terletak pada sumber hukum. Sistem hukum Eropa Kontinental menempatkan peraturan perundang-undangan sebagai sumber utama, sedangkan sistem Anglo Saxon menempatkan putusan hakim sebagai sumber hukum utamanya.

Apa itu sistem Inkuisitorial?

Inkuisitorial maksudnya, bahwa dalam sistem itu, hakim mempunyai peranan besar dalam mengarahkan dan memutuskan perkara. Hakim aktif dalam menemukan fakta dan cermat dalam menilai alat bukti.

Apa yang dimaksud dengan sistem hukum adat?

Menurut Terhaar, hukum adat adalah keseluruhan peraturan yang menjelma dalam keputusan-keputusan adat dan berlaku secara spontan. Dapat disimpulkan hukum adat adalah suatu norma atau peraturan tidak tertulis yang dibuat untuk mengatur tingkah laku masyarakat dan memiliki sanksi.

Apa yang dimaksud dengan sistem hukum Islam?

Hukum Islam atau syariat islam adalah sistem kaidah-kaidah yang didasarkan pada wahyu Allah SWT dan Sunnah Rasul mengenai tingkah laku mukalaf (orang yang sudah dapat dibebani kewajiban) yang diakui dan diyakini, yang mengikat bagi semua pemeluknya.

You might be interested:  Readers ask: Lagu Pop Indonesia Yang Mudah Dinyanyikan?

Bagaimana ciri ciri dari negara hukum Eropa Kontinental?

Sistem hukum eropa kontinental memiliki ciri utama yaitu; hukum tertulis dan terkodifikasi, terdapat pembidangan hukum, hukum dibuat oleh legislatif dan eksekutif dan hakim tidak bebas menciptakan hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *