Often asked: Mengapa Globalisasi Bisa Menjadi Ancaman Bagi Bangsa Indonesia?

Apakah globalisasi bisa menjadi ancaman bagi negara Indonesia?

Penjelasan: Globalisasi bukanlah ancaman. Yang menjadi ancaman adalah ketika kita tidak bisa memilah dan memilih hal-hal yang tercipta dari globalisasi tersebut.

Mengapa globalisasi merupakan sebuah ancaman?

Penjelasan: Globalisasi sendiri dapat berdampak negatif maupun positif. Dampak positifnya misal, individu bisa mendapatkan informasi mengenai IPTEK dari negara lain. Jadi Intinya, Globalisasi dapat menjadi ancaman apabila seseorang tidak dapat memfilter kebudayaan yang masuk melalui globalisasi tersebut.

Apakah globalisasi termasuk dalam ancaman terhadap pancasila?

iya, karena globalisasi menyebabkan rusaknya etika dan norma, yang akhirnya membuat orang tidak lagi menghargai pancasila bahkan menyepelekan.

Apa pengertian globalisasi dan ancaman?

Arti ancaman globalisasi adalah pengaruh teknologi yang menimbulkan berbagai kehidupan global.

Mengapa kita perlu memahami globalisasi?

Globalisasi membantu memperkenalkans kehidupan sosial dan budaya Indonesia. Globalisasi juga membantu meluaskan pasar produk dalam negeri. Sehingga produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional.

You might be interested:  Quick Answer: Flora Yang Ada Di Indonesia Bagian Timur?

Mengapa globalisasi menjadi tantangan sendiri bagi masyarakat?

Jawaban: Karena globalisasi memaksa kita untuk lebih berkualitas sebagai SDM, lebih kreatif dalam menghasilkan barang dan jasa, dan lebih kompetitif dalam dunia perdagangan.

Bagaimana ancaman globalisasi terhadap nasionalisme?

Masalah yang paling fundamental dari ancaman globalisasi terhadap nasionalisme adalah keterbukaan informasi yang memudahkan berbagai macam ideologi asing masuk ke Indonesia. Kebanyakan ideologi asing ini lahir dan dibentuk dalam sebuah negara yang karakteristik dan keadaan politiknya sangat berbeda dari Indonesia.

Penggunaan teknologi apa saja yang bisa mempercepat aliran informasi yang menembus batas dunia sehingga terjadi proses globalisasi?

Penggunaan teknologi komputer, faksimile, handphone, siaran televisi, serta satelit telah mempercepat aliran informasi menembus batas dunia.

Mengapa globalisasi sering diyakini oleh berbagai pengamat sebagai ancaman memudar nya nasionalisme?

Karena globalisasi yang bersifat mendunia dapat memicu disentegrasi bangsa, hal ini dapat memicu adanya pemikiran yang serba ingin paling menang sendiri. Dan pastinya ini akan membuat rasa cinta kepada tanah air ( nasionalisme ) menjadi berkurang.

Reformasi Ancaman apakah yang dihadapi pancasila sebagai dasar negara Indonesia?

Jawaban: Pemberontakan – pemberontakan yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

Mengapa ketahanan ideologi pancasila diperlukan dalam globalisasi?

Di era globalisasi ini peran pancasila tentulah sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia, karena dengan adanya globalisasi batasanbatasan diantara negara seakan tak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah ke masyarakat.

Bagaimana peran pancasila di tengah era globalisasi seperti saat sekarang ini?

Pancasila adalah dasar negara, pandangan, dan ideologi bangsa yang mencerminkan kepribadian Indonesia. oleh karenanya, Pancasila akan menjadi penyaring atau filter supaya NKRI tetap mempertahankan budaya dan memiliki kepribadian meskipun banyak unsur budaya yang masuk melalui era globalisasi.

You might be interested:  Question: Contoh Tari Tradisional Yang Ada Di Indonesia?

Apa pengertian globalisasi dan berikan contohnya?

Jawaban: Globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Contoh: Masuknya budaya korea ke Indonesia, Masuknya budaya barat ke Indonesia.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Globalisasi adalah proses mendunianya suatu hal sehingga batas antara negara menjadi hilang. Globalisasi didukung oleh berbagai faktor, seperti perkembangan teknologi, transportasi, ilmu pengetahuan, telekomunikasi, dan sebagainya yang kemudian berpengaruh pada perubahan berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan globalisasi dan berikan contohnya?

Globalisasi adalah proses yang sifatnya tanpa batas (mendunia) dari kehidupan manusia. Contoh dalam kehidupan sehari hari: Bermain handphone. Berpergian menggunakan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *