Often asked: Sistem Hukum Yang Berlaku Di Indonesia?

Sistem hukum apa saja yang berlaku di Indonesia?

Sistem hukum di Indonesia menganut sistem hukum Eropa Kontinental atau Civil Law. Hal ini dapat dilihar dari sejarah dan politik hukum, sumber hukum maupun sistem penegakan hukumnya.

Kapan sistem hukum Indonesia berlaku?

KOMPAS.com – Di Indonesia berlaku sistem hukum sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945).

Apa itu sistem hukum Eropa Kontinental?

Sistem hukum eropa kontinental merupakan suatu sistem hukum dengan ciri-ciri adanya berbagai ketentuan-ketentuan hukum dikodifikasi (dihimpun) secara sistematis yang akan ditafsirkan lebih lanjut oleh hakim dalam penerapannya.

Sistem hukum ada berapa?

Macam- Macam Sistem Hukum di Dunia

  • Sistem Hukum Eropa Kontinental.
  • Sistem Hukum Anglo-Saxon (Anglo Amerika)
  • Sistem Hukum Adat.
  • Sistem Hukum Islam.
  • Sistem Hukum Kanonik.
  • Sistem Hukum Sosialis.

Mazhab apakah yang digunakan dalam sistem hukum di Indonesia?

Seiring berkembangnya tradisi dan kebiasaan masyarakat Indonesia, menyebabkan Indonesia menjalankan sistem perpaduan hukum antara Sistem Hukum Eropa Kontinental dan Anglo Saxon. Selain itu Indonesia juga menjalankan sistem hukum yang sesuai dengan pemikiran para filsuf dengan aliran/ mazhab Positivisme.

You might be interested:  Often asked: Pengusaha Indonesia Yang Sukses?

Sumber hukum apa yang paling dominan penting di Indonesia yang mengikuti sistem hukum Eropa Kontinental?

Sumber hukum yang dominan di Indonesia yaitu Undang-Undang. Undang-Undang bersifat mengikat kepada penduduk suatu daerah tertentu. Undang-Undang merupakan keputusan tertulis sebagai hasil kerjasama antara pemegang kekuasaan eksekutif dan legislatif yang berisi aturan tingkah laku yang mengikat secara umum.

Mengapa sampai saat ini hukum kolonial masih berlaku di Indonesia?

Karena adanya perjalanan sejarah yang panjang dari penjajahan yang dilakukan oleh penjajah kolonial khususnya, penerapan hukum juga dari masa lalu yang diterapkan sudah menjadi darah daging dalam dunia hukum di Indonesia sehingga mempengaruhi hampir semua aspek, bukan hanya pada aspek agraria semata melainkan perbedaan

Mengapa negara Indonesia ini memerlukan hukum untuk menata kehidupan berbangsa dan bernegara?

Indonesia merupakan negara hukum yang mengatur warga negara dalam melaksanakan hak dan kewajibannya. Di mana hukum menjadi keharusan dalam kehidupan bangsa dan negara karena adanya hukum dapat menciptakan ketertiban serta keadilan pada masyarakat.

Hukum berlaku untuk siapa?

“ Hukum itu berlaku untuk siapa saja dan kapan saja. Jangan sampai melanggar aturan maupun hukum,” tegasnya. Apabila prajurit melanggar aturan dan hukum, maka prajurit akan menanggung resiko yang akan diterimanya dengan konsekuensi hukuman disiplin atau hukuman pidana.

Sistem hukum apa yang berlaku di indonesia dan contohnya?

Indonesia adalah negara yang menganut sistem hukum campuran dengan sistem hukum utama yaitu sistem hukum Eropa Kontinental. Selain sistem hukum Eropa Kontinental, di Indonesia juga berlaku sistem hukum adat dan sistem hukum agama, khususnya hukum (syariah) Islam.

Siapa yang menetapkan hukum di Indonesia?

I.1.2 Pengertian tata Hukum Indonesia Jadi tata hukum Indonesia adalah tata hukum yang ditetapkan oleh Pemerintah Negara Indonesia. Tata hukum Indonesia juga terdiri atas aturan-aturan hukum yang ditata atau disusun sedemikian rupa, dan aturan-aturan itu antara satu dan lainnya saling berhubungan dan saling menentukan.

You might be interested:  Suku Bangsa Manakah Yang Paling Banyak Mendiami Kepulauan Indonesia?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem hukum Eropa Kontinental dan Sistem Hukum Anglo Saxon?

Sistem hukum Eropa Kontinental menempatkan peraturan perundang-undangan sebagai sumber utama, sedangkan sistem Anglo Saxon menempatkan putusan hakim sebagai sumber hukum utamanya. Tidak terdapat larangan suatu negara menggunakan dua sistem hukum sekaligus.

Mengapa Indonesia menganut sistem hukum Eropa Kontinental?

Indonesia disebut menganut keluarga hukum Eropa kontinental karena: menggunakan kodifikasi hukum (seperti Kitab Undang-undang Hukum Pidana) tidak menggunakan prinsip putusan hakim sebelumnya sebagai dasar putusan hakim-hakim selanjutnya (yang diterapkan keluarga hukum Anglo-Sakson).

Apa yang dimaksud dengan sistem hukum adat?

Menurut Terhaar, hukum adat adalah keseluruhan peraturan yang menjelma dalam keputusan-keputusan adat dan berlaku secara spontan. Dapat disimpulkan hukum adat adalah suatu norma atau peraturan tidak tertulis yang dibuat untuk mengatur tingkah laku masyarakat dan memiliki sanksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *