Question: Peristiwa-peristiwa Penting Yang Terjadi Kedatangan Bangsa Spanyol Di Indonesia?

Peristiwa peristiwa penting apa yang terjadi saat kedatangan bangsa Portugis di Indonesia?

– 1511 – 1526, Nusantara menjadi pelabuhan maritim penting bagi Bangsa Portugis. – 1527, Armada demak dapat menghancurkan armada Portugis dibawah pimpinan Fatahillah sehingga kemudian Banten, Cirebon, dan Sunda Kelapa mampu dikuasai. Sunda Kelapa kemudian berganti nama menjadi Jayakarta (Kemenangan Besar).

Kapan tahun kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia?

Pada tahun (1521-1529) sekitar 8 tahun Bangsa Eropa berada di Nusantara, Bangsa pelaut Spanyol berlabuh ke Tidore, kedatangan Pelaut spanyol di sambut baik oleh Kesultanan Tidore.

Peristiwa apa yang terjadi pada tahun 1521?

8 November 1521: Ekspedisi Spanyol mendarat di Tidore, Maluku. Dari 5 kapal yang berangkat dari Spanyol hanya 2 kapal yang berhasil mencapai Maluku. Pasukan Spanyol membentuk persekutuan dengan kesultanan Tidore, yang saat itu berperang melawan Kesultanan Ternate yang didukung oleh Portugis, rival dari Spanyol.

Dimana tempat daerah kedatangan bangsa Spanyol?

Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521.

You might be interested:  Artis Indonesia Yang Beragama Hindu?

Dimana tempat daerah kedatangan bangsa Portugis?

Pada tahun 1511, bangsa Portugis pertama kali mendarat di Indonesia, tepatnya di daerah Malaka.

Peristiwa penting apa saja yang terjadi di masa penjajahan Belanda?

Peristiwa penting yang terjadi saat kedatangan bangsa Belanda di Indonesia:

  • Pembentukan VOC pada tanggal 20 Maret 1602.
  • Pembentukan pemerintahan kolonial Belanda.
  • Sistem kerja paksa (rodi) yang diterapkan oleh Herman W. Daendels.

Apa tujuan kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia?

Gold, yaitu mencari emas dan mencari kekayaan. Glory, yaitu mencari keharuman nama, kejayaan, dan kekuasaan. Gospel, yaitu tugas suci menyebarkan agama Katolik.

Siapakah Pemimpin bangsa Spanyol ke Indonesia?

Magellan memimpin ekspedisi. Maka Spanyol kembali menggelar ekspedisi di bawah pimpinan Fernando de Magelhaens atau Ferdinand Magellan dengan kapten kapal Sebastian del Cano.

9 Apa nama suku yang menyerang rombongan Magelhaens?

Pertempuran Mactan terjadi di Filipina pada tanggal 21 April 1521. Pasukan Lapu-Lapu, kepala suku Mactan, mengalahkan pasukan Spanyol di bawah pimpinan Fernando de Magelhaens, yang terbunuh dalam perang itu.

Apa isi dari perjanjian Saragosa?

Perjanjian Saragosa (juga ditulis Perjanjian Saragossa atau Perjanjian Zaragoza), ditandatangani 22 April 1528, adalah perjanjian antara Spanyol dan Portugis yang menentukan bahwa belahan [ batas wilayah kekuasaan spanyol dan portugis bumi] ronde timur dibagi di antara kedua kerajaan tersebut dengan batas garis bujur

Siapakah pelaut yang terbunuh dalam pertempuran antar suku di Pulau Mactan Fillipina *?

KOMPAS.com – Setelah menjelajahi tiga perempat dunia, pelaut Portugal Ferdinand Magellan akhirnya menemui ajal dalam pertempuran melawan suku asli Filipina di Pulau Mactan pada 27 April 1521.

Dimana dan kapan Belanda masuk ke Indonesia?

Belanda datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1596, di bawah pimpinan Cornelis de Houtman, dan berhasil mendarat di Pelabuhan Banten. Namun kedatangan Belanda diusir penduduk pesisir Banten karena mereka bersikap kasar dan sombong. Belanda datang lagi ke Indonesia dipimpin Jacob van Heck pada tahun 1598.

You might be interested:  Sistem Ekonomi Yang Dianut Indonesia?

Di mana * pertama Belanda tiba di Indonesia?

Proses kedatangan Belanda di Indonesia. Pada 1598, sebanyak 22 kapal milik lima perusahaan Belanda yang berbeda berlayar ke Nusantara. Armada pimpinan Jacob van Neck-lah yang pertama tiba di ‘Kepulauan Rempah-rempah’ Maluku pada Maret 1599.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *