Quick Answer: Indonesia Adalah Negara Majemuk Yang Memiliki Banyak?

Indonesia dikenal sebagai negara yang masyarakatnya majemuk apa arti kata majemuk?

Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk, karena terdiri dari kepulauan yang di dalamnya lagi terdiri dari berbagai suku, ras, agama, dan budaya.

Mengapa bangsa Indonesia disebut sebagai bangsa yang majemuk atau beragam Jelaskan dan berikan salah satu contohnya?

karena bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, agama, warna kulit, dan lain- lainnya sehingga mempunyai banyak kebudayaan yang berbeda- beda.

Mengapa bahasa Indonesia disebut bahasa yang majemuk?

Majemuk berarti banyak dan beraneka ragam,alasanya adalah karena Indonesia terdiri dari banyak suku,agama etnis budaya ras yg menjadikan Indonesia DPT dikatakan sebagai bangsa yg kaya.

Apakah bukti bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk?

Indonesia disebut sebagai bangsa majemuk karena masyarakat multikultur. Disebut sebagai masyarakat multikultur karena indonesia memiliki banyak perbedaan yang khas, yaitu perbedaan suku bangsa, adat, budaya, dan kedaerahan.

You might be interested:  Often asked: Bagaimana Hubungan Sistem Hukum Dengan Sistem Peradilan Di Indonesia?

Apa arti dari kata majemuk?

Menurut Bauer (1988), majemuk adalah leksem baru hasil dari gabungan dua leksem atau lebih. Katamba (1994:291) mengatakan bahwa majemuk adalah kata yang terdiri atas, minimal, dua dasar yang tiap-tiap dasar dapat berdiri sendiri.

Apa yang dimaksud dengan kata majemuk?

Kata majemuk atau kompositum adalah gabungan morfem dasar yang seluruhnya berstatus sebagai kata yang mempunyai pola fonologis, gramatikal, dan semantis yang khusus menurut kaidah bahasa yang bersangkutan. Pola khusus tersebut membedakannya dengan frasa atau gabungan kata–gabungan morfem yang bukan kata majemuk.

Bangsa Indonesia disebut sebagai bangsa yang majemuk Sebutkan apa saja faktor yang menyebabkan?

Jawaban: Perbedaan sekelompok masyarakat dengan kelompok-kelompok tertentu secara horizontal dan menimbulkan keberagaman disebut kemajemukan masyarakat. Faktor dominan yang menunjukkan kemajemukan masyarakat Indonesia yaitu ras, suku bangsa, budaya, serta agama atau kepercayaan.

Mengapa negara kita dikatakan sebagai bangsa yang majemuk?

Jakarta: Presiden RI Joko Widodo mengatakan Indonesia merupakan bangsa yang besar. Negara yang dianugerahi sebagai bangsa yang majemuk, terdiri dari banyak suku, agama, budaya, serta bahasa daerah yang berbeda. Kita adalah bangsa yang bersuku-suku yang memiliki agama, budaya dan bahasa daerah yang berbeda-beda.

Mengapa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk jelaskan?

Bangsa indonesia merupakan bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan bahasa. Selain didasari oleh latar belakang sosial budaya, geografi dan sejarah yang sama, kesatuan bangsa indonesia juga didasari oleh kesatuan pandangan, ideologi dan falsafah hidup dalam berbangsa dan bernegara.

Mengapa kamu disebut sebagai bangsa Indonesia?

Jawaban: Bangsa Indonesia disebut bangsa yang besar karena jumlah penduduknya menempati urutan keempat terbanyak di dunia setelah RRC, Amerika Serikat dan India. Indonesia juga dikatakan bangsa heterogen karena terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan berbagai macam agama, budaya, bahasa dan adat istiadat.

You might be interested:  Often asked: Kebudayaan Indonesia Yang Diklaim Negara Lain?

Mengapa bahasa Indonesia dikatakan sebagai bahasa negara dan bahasa pemersatu?

Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu suku, budaya dan bahasa maksudnya adalah bahwa bahasa Indonesia memungkinkan keserasian di antara suku-suku, budaya dan bahasa di Nusantara, tanpa harus menghilangkan indentitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa daerah yang

Apa saja masalah yang biasanya dihadapi oleh masyarakat majemuk?

Masalah yang biasanya dihadapi oleh masyarakat majemuk adalah semakin menguatnya etnosentrisme dalam interaksi antar budaya dinamika hubungan sosial semacam ini dapat memicu terjadinya konflik antar kelompok etnis solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya perpecahan masyarakat tersebut adalah.

Apa yang dimaksud dengan masyarakat yang majemuk?

Masyarakat majemuk adalah masyarakat yang terdiri atas kelompok-kelompok, yang tinggal bersama dalam suatu wilayah, tetapi terpisah menurut garis budaya masing-masing. Kemajemukan suatu masyarakat patut dilihat dari dua variabel yaitu kemajemukan budaya dan kemajemukan sosial.

Apa yang dimaksud Indonesia sebagai bangsa yang majemuk plural dan beragam?

Yang dimaksud dengan Indonesia bangsa yang majemuk, plural, dan beragam adalah sebagai berikut. Indonesia adalah bagnsa yang anggotanya beraneka ragam. Masyarakatnya berasal dari beragam latar belakang yang berbeda. Meski demikian, mereka mampu membentuk satu kesatuan menjadi sebuah bangsa yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *