Quick Answer: Komodo Adalah Salah Satu Hewan Khas Indonesia Yang Berasal Dari Kepulauan Nusa Tenggara?

Komodo berasal dari Kepulauan apa?

Di Indonesia, habitat komodo banyak ditemui di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Gili Motang dan sebagian kecil di bagian utara dan barat Flores.

Apakah komodo berasal dari kepulauan Nusakambangan?

Komodo adalah salah satu hewan khasIndonesia yang berasal dari kepulauana. Nusa kambanganb.

Komodo termasuk persebaran hewan apa?

Hewan komodo merupakan hewan endemik yang memiliki pola persebaran memusat atau mengelompok.

Bagaimana keberadaan di alam komodo?

Komodo liar hanya terdapat dan hanya bisa ditemukan di Indonesia di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di pulau Komodo, Rinca dan beberapa pulau kecil di sekitarnya serta di pesisir barat pulau Flores. Habitat komodo adalah padang rumput terbuka (sabana) dan hutan belukar, terkadang juga di pesisir pantai.

You might be interested:  Question: Artis Korea Yang Berpacaran Dengan Orang Indonesia?

Apakah komodo berasal dari Nusa Tenggara Timur?

Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini termasuk salah satu kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Kecamatan Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Mengapa hewan tersebut hanya dapat ditemukan di Indonesia terutama di Pulau Komodo Provinsi NTT?

Jadi pada dasarnya, alasan mengapa komodo hanya ada di Indonesia karena mereka sendiri yang memilih untuk tinggal di pulau – pulau Sunda Kecil. Komodo punya kemampuan untuk bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain, tapi mereka sudah terlanjur nyaman dan betah di rumah tempat mereka dilahirkan.

Komodo merupakan salah satu hewan purba yang masih hidup hingga saat ini di negara manakah kamu dapat menemukan hewan tersebut apakah hewan tersebut termasuk hewan endemik jelaskan?

Komodo merupakan hewan endemik atau hewan asli dari indonesia, yang habitatnya ada di pulau Komodo, Pulau Rinca, Gili Motang, dan pulau Padar. Nah, hewan yang termasuk dalam keluarga kadal ini memiliki keunikan, yaitu habitat aslinya hanya ada di pulau Komodo dan sekitarnya saja, seperti di sektiar Nusa Tenggara.

Komodo merupakan salah satu hewan purba yang masih hidup sehingga saat ini di negara manakah kamu dapat menemukan hewan tersebut apakah hewan tersebut termasuk hewan endemik jelaskan?

Komodo adalah salah satu hewan purba yang masih hidup sampai saat ini. Komodo bisa dijumpai di negara INDONESIA tepatnya pada wilayah Pulau Komodo, Gili Motang, Pulau Rinca dan juga Pulau Pandar yang terletak di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Kode merupakan salah satu hewan purba yang masih hidup hingga saat ini di negara manakah kamu dapat menemukan hewan tersebut apakah hewan tersebut termasuk hewan endemik jelaskan?

Komodo merupakan hewan endemik: Benar, Karena hewan Komodo hanya terdapat di Negara Indonesia saja, tepatnya pada sebuah Pulau di daerah Kepulauan Sunda Kecil Provinsi Nusa Tenggara Timur.

You might be interested:  Bangsa Eropa Yang Pertama Kali Menjajah Indonesia?

Bagaimana pola persebaran hewan seperti komodo jelaskan dengan pendekatan keruangan?

Pola persebaran hewan Komodo dengan pendekatan keruangan, adalah: Diantara pulau – pulau tersebut dibatasi oleh laut yang menyulitkan komodo untuk melakukan migrasi, sehingga komodo memiliki pola persebaran memusat hanya di Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo saja.

Apakah komodo termasuk hewan reptil?

Dalam ilmu Biologi, reptilia dibagi menjadi empat ordo, yaitu: Ordo Ophidia (bangsa ular), contohnya ular pohon, ular piton, dan ular sawah. Ordo Crocodilia (bangsa buaya), contohnya buaya dan aligator. Ordo Lacertilia (bangsa kadal), contohnya kadal, komodo, bunglon, biawak, dan tokek.

Komodo berkembang biak dengan apa?

Proses yang telah ditemukan pada 70 spesies vertebrata ini merupakan cara berkembang biak di mana sebutir telur bisa matang menjadi embrio tanpa dibuahi oleh sperma. Tergantung dari lingkungannya, seekor komodo betina bisa berkembang biak secara seksual (kawin) atau aseksual (tanpa kawin).

Bagaimanakah tingkat keberadaan populasi komodo?

Benu mengatakan, pada tahun 2014, komodo berjumlah 3.093 ekor, kemudian tahun 2015 sebanyak 3.012 ekor. Pada tahun 2016, jumlahnya turun menjadi 2.430 ekor dan tahun 2017 naik kembali menjadi 2.884 ekor dan tahun 2018 sebanyak 2.897 ekor.

Apa yang dimaksud kasta dalam kelangsungan hidup komodo?

Kasta Komodo Menurut Kepala Balai TNK, Sudiyono, keberlangsungan hidup satwa komodo berdasarkan kasta. Artinya yang berukuran besar atau dewasa menguasai yang komodo yang masih kecil. Dengan begitu, tidak ada pos anggaran yang disiapkan untuk pengadaan sumber bahan makanan bagi komodo itu sendiri.

Apa penyebab komodo Menjadi langka?

” Komodo di Pulau Padar punah total. Tidak ada lagi kotoran komodo yang ditemukan di sana. Tetapi kuat dugaan perburuan liar rusa dan babi serta perubahan lingkungan akibat pembakaran liar menjadi penyebab punahnya komodo “.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *