Quick Answer: Mengapa Bahasa Melayu Diangkat Menjadi Bahasa Indonesia?

Mengapa bahasa Melayu diangkat menjadi Indonesia?

Dapat ditarik kesimpulan bahwa Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia karena bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa pergaulan (Lingua Franca) di Nusantara. Suku Jawa, Suku Sunda dan suku-suku yang lainnya dengan sukarela menerima bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Mengapa bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia brainly?

Jawaban: Bahasa melayu diangkat menjadi bahasa persatuan di Indonesia pada 28 Oktober 1928 dalam peristiwa yang disebut Sumpah Pemuda. Namun, bahasa melayu dipilih sebagai bahasa Indonesia karena bahasa ini sudah menjadi lingua franca atau bahasa pengantar di wilayah Indonesia dan Asia Tenggara sejak ribuan tahun lalu.

Kapan bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa Indonesia?

Para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan secara sadar mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia sesuai isi Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu apa?

Bahasa Melayu Riau dan Minangkabau ini mengakibatkan timbulnya anggapan bahwa bahasa Indonesia berinduk kepada bahasa Melayu Riau. Namun, sebenarnya, bahasa Indonesia merupakan campuran dari berbagai dialek Melayu Pasar, bahasa Melayu Minangkabau, dan bahasa Melayu Riau.

You might be interested:  Readers ask: Film Indonesia Yang Diadaptasi Dari Novel?

Mengapa bahasa indo?

Sebagai bahasa nasional, fungsi bahasa Indonesia di antaranya adalah untuk mempererat hubungan antar suku di Indonesia. Fungsi ini sebelumnya sudah ditegaskan di dalam butir ketiga ikrar Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia ”.

Mengapa bahasa Melayu Riau dipilih sebagai bahasa persatuan Negara Republik Indonesia?

Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan. Selain juga karena lebih mudah dan mudah diterima oleh semua kalangan.

Kapan Bahasa Melayu resmi menjadi bahasa Indonesia brainly?

Nah, perjalanan panjang bahasa Melayu sebagai lingua franca membuktikan, bahasa ini bisa mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk. Bahasa Melayu kemudian dikukuhkan menjadi bahasa Indonesia dan sebagai bahasa pemersatu bangsa pada 28 Oktober 1928. tapi kok gk dikasih bintang atau dia bilang terima kasih gitu?

Mengapa bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa resmi bangsa Indonesia brainly?

Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan dikarenakan NKRI terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras,dan bahasa daerah yang beraneka ragam. Jadi, untuk mempersatukanya, diperlukan 1 bahasa yg menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Apakah bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu Riau?

Bahasa Melayu yang berasal dari Kepulauan Riau -lah yang dijadikan bahasa Indonesia.

Apa yang dimaksud bahasa Melayu pasar?

Umumnya diyakini bahwa Melayu Pasar adalah bahasa pidgin yang dipengaruhi kontak antara pedagang Melayu dan Tiongkok. Selain penyederhanaan umum bahasa pidgin, lingua franca Melayu memiliki sejumlah karakteristik.

At least itu artinya apa?

Pengertian At Least Di antaranya adalah: Mengulangi apa yang telah kita katakan untuk menegaskannya. Digunakan untuk menyatakan suatu hal yang positif di dalam situasi yang tampaknya negatif. Kata ini juga dapat ditambahkan adverb of degree “very” menjadi at the very least untuk memberi penekanan lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *