Quick Answer: Mengapa Negara Indonesia Disebut Negara Kepulauan?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan brainly?

Wilayah Indonesia sendiri mencapai 1,905 juta km² dan terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dikutip dari buku Pengetahuan Sosial karya Tri Nur Hadiyati, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari pulau – pulau. Tercatat, ada sekitar 17.500 pulau yang dimiliki Indonesia.

Apa yang menyebabkan Indonesia disebut negara kepulauan?

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah laut terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia dan merupakan unsur penting bagi kemajuan dan kejayaan sebuah negara. Oleh karena itu, mengapa Indonesia disebut negara kepulauan, detikers. Itulah mengapa Indonesia disebut negara kepulauan.

Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan dan negara maritim?

Alasan Indonesia disebut negara maritim ini adalah Indonesia memiliki wilayah perairan yang luas sehingga membuat Indonesia dipenuhi keanekaragaman sumber daya laut yang dapat dimanfaatkan oleh para nelayan dan masyarakat pesisir. Indonesia juga memiliki potensi wisata maritim terbesar di dunia.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara tanah air?

Istilah Tanah Air adalah representasi wilayah daratan serta lautan Indonesia. Ini memperlihatkan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai wilayah yang dahulunya terpecah-pecah. Kemudian bergabung dan dinamakan Indonesia. Maka, kini wilayah-wilayah tersebut telah menjadi satu kesatuan, masuk dalam wilayah Indonesia.

You might be interested:  Question: Pada Perisai Burung Garuda Terdapat 5 Buah Ruang Yang Mewujudkan Dasar Negara Indonesia Yaitu?

Kapan Indonesia dinyatakan sebagai negara kepulauan?

Sebagai negara kepulauan yang diakui secara resmi melalui KHL 1982, Indonesia mempunyai kewajiban untuk: a. menghormati perjanjian internasional yang sudah ada; b. menghormati kegiatan-kegiatan lain yang sah dari negara tetangga yang langsung berdampingan; c. menghormati hak-hak tradisional penangkapan ikan; dan d.

Apa yang dimaksud dengan Indonesia sebagai negara maritim?

Negara maritim adalah julukan untuk negara yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Anda pastinya juga sudah sering mendengar bahwa Indonesia adalah negara maritim.

Mengapa Indonesia disebut sebagai poros maritim?

Posisi geografis Indonesia berada di daerah khatulistiwa. Berada di antara dua benua, Asia dan Australia. Berada di antara dua samudera, Pasifik dan Hindia. Karena itulah Indonesia berupaya menjadi poros maritim dunia.

Apa nama tanah air kita?

Lalu mereka pun menamai daerah yang terbentang luas dari Persia hingga Tiongkok itu dengan sebutan Hindia. Akhirnya kepulauan tanah air kita disebut dengan Kepulauan Hindia.

Mengapa Indonesia sering disebut sebagai archipelago state?

Indonesia disebut sebagai negara Archipelago karena mempunyai banyak pulau, sekitar 18.108 lebih pulau yang ada di negara kita ini.

Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk?

Indonesia dikenal sebagai negara yang majemuk, karena terdiri dari kepulauan yang di dalamnya lagi terdiri dari berbagai suku, ras, agama, dan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *