Quick Answer: Sebutkan Agama Yang Diakui Menurut Peraturan Di Indonesia?

Tuliskan agama apa saja yang diakui menurut peraturan di Indonesia?

Dalam Penetapan Presiden Nomor 1 Tahun 1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama, negara secara resmi hanya mengakui enam agama, yakni Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Sebutkan agama apa saja yang diakui di Indonesia brainly?

Jawaban:

  • Islam.
  • Kristen Protestan.
  • Kristen Katolik.
  • 4.Buddha.
  • Hindu.
  • Konghucu.

Apa saja agama yang diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia?

Kementerian Agama (Kemenag) memberikan pengakuan resmi kepada enam agama: Islam, Katolik, Protestan, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Pemerintah mempertahankan praktek lama yakni mengakui Islam Sunni sebagai versi resmi Islam bagi Muslim lokal, meskipun konstitusi tidak mencantumkan ketentuan tersebut.

Jelaskan agama apa saja yang diakui oleh negara *?

Agama yang diakui di Indonesia:

  • Islam.
  • Kristen Katolik.
  • kristen Protestan.
  • Hindu.
  • Budha.
  • Konghucu.

Agama di Indonesia ada 6 apa saja?

Sebuah keganjilan dari sikap pemerintah Indonesia terhadap kebebasan agama di dalam negara ini adalah bahwa pemerintah mengakui hanya enam agama saja (yaitu Islam, Protestantisme, Katolisisme, Hinduisme, Buddhisme dan Konghucu).

You might be interested:  Question: Apa Sistem Pemerintahan Indonesia?

Apa nama hari besar 6 agama di Indonesia?

Hari – hari besar Agama Kristen adalah Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Isa Almasih. Hari – hari besar Agama Katholik adalah Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Isa Almasih. Hari – hari besar Agama Hindu adalah Nyepi, Saraswati, Pagerwesi. Hari – hari besar Agama Budha adalah Waisak, Asadha, Kathina.

Apa saja yang diakui di Indonesia?

VIVA – Agama yang diakui di Indonesia ada enam, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Indonesia merupakan salah satu negara demokratis dengan agama mayoritas adalah agama Islam. Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku dan kepercayaan.

Siapakah penganut agama terbanyak di Indonesia brainly?

Menurut hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010, 87,18% dari 237.641.326 penduduk Indonesia adalah pemeluk Islam (Nusantara merupakan wilayah dengan penduduk muslim terbanyak di dunia ), 6,96% Kristen Protestan, 2,9% Kristen Katolik, 1,69% Hindu, 0,72% Buddha, 0,05% Konghucu, 0,13% agama lainnya, dan 0,38% tidak terjawab

Apa hari besar keagamaan Konghucu?

Meskipun dirayakan secara beragam di berbagai negara sebagai sebuah tradisi, Imlek juga dianggap sebagai hari besar penganut agama Khonghucu. Setiap tanggal 29 atau 30 bulan 12 Imlek, penganut Khonghucu wajib melakukan sembahyang untuk mengucap syukur atas semua berkah sepanjang tahun.

Agama apa saja yang dianut oleh warga Dusun Ngepeh?

JOMBANG – Warga Dusun Ngepeh, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, memang sudah lama terkenal dengan kerukunannya. Ada tiga pemeluk agama di dusun ini, Islam, Kristen dan Hindu.

Kristen tempat ibadahnya dimana?

Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat Katolik dan Kristen untuk berkomunikasi pada Allah.

Mengapa hanya ada 6 agama yang diakui di Indonesia?

Mengapa hanya ada 6 agama resmi? Karena 6 macam Agama ini adalah agama – agama yang dipeluk hampir seluruh penduduk Indonesia, maka kecuali mereka mendapat jaminan seperti yang diberikan oleh pasal 29 ayat 2 Undang-undang Dasar, juga mereka mendapat bantuan-bantuan dan perlindungan seperti yang diberikan oleh pasal ini.”

You might be interested:  Often asked: Kebijakan Perdagangan Internasional Yang Diterapkan Di Indonesia?

Agama apa tertua di Nusantara?

Hindu sering dianggap sebagai agama tertua yang masih dipraktikkan hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *