Readers ask: Daerah Mana Saja Yang Termasuk Daerah Waktu Indonesia Timur?

Daerah mana sajakah yang termasuk waktu Indonesia bagian timur?

Waktu Indonesia Timur atau disingkat WIT mencakup beberapa provinsi yaitu:

  • Maluku.
  • Maluku Utara.
  • Papua.
  • Papua Barat.

Wilayah mana sajakah yang merupakan waktu Indonesia Timur brainly?

Wilayah yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Timur (WIT), adalah:

  • Maluku.
  • Maluku Utara.
  • Papua.
  • Papua Barat.

Apakah Aceh termasuk wib?

Provinsi-provinsi yang termasuk dalam Zona Waktu Indonesia Barat ( WIB ) adalah sebagai berikut: Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Provinsi Sumatera Utara. Provinsi Sumatera Barat.

Kalimantan WIB Apa WITA?

Wilayah yang masuk dalam zona waktu WIB yaitu seluruh provinsi di Pulau Sumatera, seluruh provinsi di Pulau Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Wilayah yang masuk dalam zona waktu WITA yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, dan seluruh provinsi di Pulau Sulawesi.

Kota apa saja yang wit?

Kota yang termasuk dalam zona WIT adalah: Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Kota yang termasuk dalam zona WITA adalah: Bali, Kalimantan Timur Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Utara dan Gorontalo.

You might be interested:  Sekolah Kedinasan Yang Ada Di Indonesia?

Wilayah manakah yang termasuk WIB WITA dan WIT?

Waktu Indonesia Barat atau WIB yang mencakup pulau Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah (UTC+07:00). Waktu Indonesia Tengah atau WITA yang mencakup Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UTC+08:00).

Apakah Pontianak termasuk wib?

Kabupaten Pontianak provinsi Kalimantan Barat termasuk zona waktu bagian barat atau WIB, bagi warga Pontianak yang ingin mencocokan jam nya sekarang bisa menggunakan jam dibawah ini.

Sekarang jam berapa sekarang jam berapa?

Waktu Indonesia Tengah ( WITA ) Jadi misalkan sekarang pukul 09:00 di WITA, maka sekarang pukul 08:00 WIB dan 10:00 WIT.

Mengapa wilayah di Indonesia terbagi menjadi tiga daerah waktu jelaskan?

Secara sederhana, penentuan waktu di suatu tempat didasarkan pada posisi garis bujur geografis. Oleh karena itulah, wilayah Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu karena memiliki panjang garis bujur 44°. Lalu, total panjang garis bujur tersebut (44°) dibagi dengan konversi satu jam ke dalam satuan derajat (15°).

Sulawesi Indonesia bagian apa?

Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) Wilayah yang masuk dalam zona waktu ini adalah, Bali, Kalimantan bagian Utara, Timur dan Selatan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Zona waktu Indonesia UTC berapa?

Pembagian Waktu di Indonesia Berdasarkan format UTC, wilayah Indonesia terbagi dalam tiga zona waktu, yaitu UTC +7 ( Waktu Indonesia Bagian Barat), UTC +8 ( Waktu Indonesia Bagian Tengah), dan UTC +9 ( Waktu Indonesia Bagian Timur).

Kota WIB Apa Saja?

Adapun provinsi yang masuk ke dalam WIB, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Yogyakarta, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

You might be interested:  Question: Rumah Yang Paling Mewah Di Indonesia?

Apa bedanya WIB sama WITA?

WIB memiliki perbedaan atau selisih waktu satu jam dengan WITA. Sedangkan WIB dan WIT memiliki perbedaan waktu dua jam. Misalkan di Jakarta menunjukkan pukul 12:00 WIB, maka di Bali pukul 13:00 WITA, dan di Maluku pukul 14:00 WIT. Daerah yang termasuk WITA terletak di sepanjang garis bujur 120 derajat BT.

Makassar waktu Indonesia bagian apa?

Pada masa sekarang, Indonesia Timur terdiri dari 13 provinsi, dengan pusat-pusat ekonomi utamanya meliputi Makassar, Denpasar, dan Manado. Dari segi pembangunan, Indonesia Timur lebih tertinggal dibandingkan Indonesia Barat (Sumatra, Jawa, dan Kalimantan).

Mengapa Indonesia dibagi kedalam 3 pembagian waktu WIB WITA dan WIT?

Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu karena bentuk geografis Indonesia yang memanjang dari barat ke timur sehingga akibat rotasi bumi, wilayah di bagian timur Indonesia mengalami siklus harian matahari yang lebih dahulu dari bagian barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *