Readers ask: Mengapa Indonesia Disebut Negara Agraris?

Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara agraris brainly?

Tak hanya sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam.

Mengapa Indonesia di sebut negara agraris dan negara maritim?

Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia memiliki lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan.

Apakah Indonesia negara agraris atau maritim?

Secara pengertian, mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim karena merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah daratan yang hampir sama dengan luasnya laut dan perairan.

Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara agraris berikan contohnya?

Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Selain itu, Indonesia juga dikenal dengan hasil perkebunannya, antara lain karet, kelapa sawit, tembakau, kapas, kopi, dan tebu.

You might be interested:  Readers ask: Mengapa Di Indonesia Rawan Terjadi Gempa Bumi?

Apa negara Indonesia termasuk negara agraris Jelaskan jawabanmu?

Indonesia dijuluki sebagai negara agraris. Negara agraris artinya sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian. Selain itu, di Indonesia juga banyak wilayah gunung berapi yang tanah di sekitarnya subur, sehingga bisa dijadikan lahan pertanian.

Apa yang membuat Indonesia disebut sebagai negara maritim?

Alasan Indonesia disebut negara maritim ini adalah Indonesia memiliki wilayah perairan yang luas sehingga membuat Indonesia dipenuhi keanekaragaman sumber daya laut yang dapat dimanfaatkan oleh para nelayan dan masyarakat pesisir.

Masih layakkah Indonesia di sebut sebagai negara agraris?

Namun, dari kacamata lain, jika mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang angkatan kerja di tiap sektor, Indonesia sebetulnya masih dapat dikatakan sebagai negara agraris. Setidaknya, masih ada lebih dari 30% angkatan kerja Indonesia bekerja di sektor pertanian.

Apa yang dimaksud dengan negara agraris?

Negara yang mengndalkan bidang pertanian sebagai penopang perekonomian, dikatakan sebagai negara agraris. Seperti negara Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vitenam yang disebut sebagai negara agraris karena memiliki tanah subur yang dimanfaatkan sebagai sektor pertanian.

Potensi apa saja yang dimiliki oleh negara Indonesia sebagai negara agraris?

Merupakan negara agraris tropis terbesar di dunia setelah Brazil. Dari 27 persen zona tropis di dunia, Indonesia memiliki 11 persen wilayah tropis. Indonesia memiliki hasil tani seperti beras, singkong, kacang tanah, tembakau, kedelai, merica, kelapa sawit, teh, gula, dan masih banyak lainnya.

Mengapa sektor pertanian di Indonesia dapat dikatakan sebagai sektor vital?

Mengapa sektor pertanian di Indonesia dikatakan sebagai sektor vital. Karena sektor pertanian merupakan sumber persediaan bahan makanan dan bahan mentah yang dibutuhkan oleh suatu negara.

You might be interested:  Quick Answer: Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Vedda Ke Indonesia?

Mengapa sebagian besar penduduk bekerja di sektor pertanian?

karena indonesia dilewati garis khatulistiwa yang menyebabkan indonesia menjadi negara yang susur sehingga mayoritas warga negara indonesia menjadi petani:) Karen selain memiliki tanah yang subur indonesia pun termasuk negara penghasil terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *