Readers ask: Mengapa Indonesia Tidak Memperbolehkan Warga Negaranya Berstatus Ganda?

Apakah seorang warga negara Indonesia boleh memiliki kewarganegaraan ganda?

Berkaca dari kasus tersebut, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengungkapkan, seorang WNI tidak bisa memiliki kewarganegaraan ganda.

Apakah ada dampak negatif dari memiliki kewarganegaraan ganda?

Selain dampak positif, Kewarganegaraan Ganda juga memiliki dampak negatif, diantarannya seperti: Sulit untuk mengangkap pelaku kriminal yang kabur ke negara keduanya. Memudahkan warga negara lain untuk mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia, membuat terancamnya keamanan dan kedaulatan negara.

Mengapa ada orang yang memiliki status kewarganegaraan ganda?

Kewarganegaraan ganda ada karena sejumlah negara memiliki persyaratan kewarganegaraan yang berbeda dan tidak eksklusif. Secara umum, kewarganegaraan ganda berarti orang-orang yang ” memiliki ” kewarganegaraan ganda, tetapi secara teknis diklaim sebagai warga negara oleh masing-masing pemerintah negara bersangkutan.

Apakah anak anak dari diaspora Indonesia dapat memiliki status kewarganegaraan ganda tidak terbatas?

Meskipun UU No.12 Tahun 2006 telah berusaha meminimalisir kelemahan yang terdapat dalam undag-undang sebelumnya yakni UU No.62 Tahun 1958 tentang kewarganegaraan namun tutntutan dari diaspora Indonesia untuk memperjuangkan kewarganegaraan ganda tidak terbatas bagi anak – anak mereka terus dilakukan.

You might be interested:  Quick Answer: Objek Wisata Yang Terkenal Di Indonesia?

Bagaimanakah pengaturan tentang izin memiliki kewarganegaraan ganda di Indonesia?

Pasal 28D ayat (4) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa: “Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.” Pasal ini merupakan hasil perubahan kedua UUD NRI Tahun 1945. Sedangkan untuk kemungkinan terjadinya kewarganegaraan ganda, UUD NRI Tahun 1945 tidak mengharuskan dan tidak juga melarang.

Jelaskan kepada siapa kewarganegaraan ganda terbatas itu diberikan?

Kewarganegaraan ganda terbatas dimaksudkan bahwa Pemerintah RI mengakui status kewarganegaraan ganda yang dimiliki seorang anak hingga berumur 18 tahun dan/atau belum menikah.

Apakah boleh memiliki kewarganegaraan ganda?

Salah satu asas kewarganegaraan adalah bipatride atau lebih dikenal dwi- kewarganegaraan. Setiap orang pun bisa memiliki bipatride atau dwi negara, satu warga negara A dan satu warga negara B. Namun harus memenuhi kriteria dan persyaratan yang ada di setiap negara.

Apakah di Indonesia berlaku sistem bipatride?

4. Asas kewarganegaraan ganda terbatas adalah asas yang menentukan kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang ini. Pada dasarnya Negara Indonesia tidak mengenal kewarganegaraan ganda ( bipatride ) ataupun tanpa kewarganegaraan (apatride).

Apa yang dimaksud dengan dwi kewarganegaraan?

Prinsip dwi kewarganegaraan dapat diartikan bahwa setiap orang dapat memiliki dua kewarganegaraan yang berbeda pada saat yang bersamaan, atau Dwi Kewarganegaraan terjadi ketika seseorang berstatus kewarganegaraan lebih dari satu pada waktu yang bersamaan.

Kapankah seseorang itu dikatakan memiliki bipatride kewarganegaraan ganda?

Bipatride adalah orang yang memiliki kewarganegaraan ganda. Dua kewarganegaraan tersebut bisa terjadi karena anak lahir di negara A yang menganut asas ius soli (berdasarkan tempat kelahiran) namun orang tua anak tersebut merupakan warga negara B yang menganut asas ius sanguinis (berdasarkan keturunan biologis).

You might be interested:  Often asked: Tempat Wisata Indonesia Yang Mendunia?

Kapan seorang anak yang lahir bisa memiliki warga negara ganda?

Anak Berkewarganegaraan Ganda sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang, dalam waktu paling lambat 3 (tiga) tahun setelah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin, harus menyatakan memilih kewarganegaraannya.

Apa contoh asas kewarganegaraan ganda terbatas?

Misal Andi anak dari Bayu yang berkewarganegaraan Cina dan Ani yang berkewarganegaraan indonesia.. Ketika andi berusia 18 tahun.. Ia harus menentukan akan memilih akan menjadi warga negara cina / indonesia walaupun ketika dia kecil ia berkewarganegaraan ganda.

Mengapa status kewarganegaraan perlu diperjuangkan?

Setiap warga negara berhak mendapatkan status kewarganegaraan karena status kewarganegaraan adalah bagian dari hak asasi manusia yang harus didapatkan dan diakui oleh setiap orang. Status kewarganegaraan sangat penting karena merupakan identitas diri dan pengenal data diri seseorang di negara lain.

Apakah negara Indonesia menganut asas soli secara mutlak?

Indonesia juga menganut asas ius soli. Asas ini menetapkan kewarganegaraan berdasarkan tempat kelahiran dan berlaku terbatas pada kewarganegaraan anak-anak. Jika ada seseorang dilahirkan di Indonesia, maka orang tersebut dapat menjadi warganegara Indonesia suatu saat sesuai keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *